Sunday 23 September 2012

klasifikasi diagram UML

Ada tiga klasifikasi dari diagram UML:

1. pelaku diagram. Sebuah tipe diagram yang menggambarkan fitur pelaku dari proses sistem atau bisnis. Ini termasuk aktivitas, state machine, dan menggunakan diagram kasus maupun diagram interaksi .
2. Interaksi diagram. Bagian dari diagram yang menekankan interaksi objek. Ini termasuk gambaran komunikasi, interaksi, urutan, dan diagram waktu.
3. Struktur diagram. Sebuah jenis diagram yang menggambarkan unsur-unsur dari spesifikasi yang terlepas dari waktu. Ini termasuk kelas, struktur komposit, komponen, penyebaran, objek, dan diagram paket.

Tabel 1 merangkum tiga belas jenis diagram UML :

Table 1.  The diagrams of UML
Diagram
Description
Learning Priority
Activity Diagram
Menggambarkan proses bisnis tingkat tinggi, termasuk aliran data, atau untuk model logika yang kompleks dalam sistem
High
Class Diagram
Menunjukkan sekumpulan elemen model statis seperti kelas dan jenis, isinya, dan hubungan mereka. High
Communication Diagram
Menunjukkan contoh dari kelas, hubungan antar kelas, dan alur pesan antara mereka. Diagram komunikasi biasanya berfokus pada organisasi struktural objek yang mengirim dan menerima pesan. Sebelumnya disebut Diagram Kolaborasi. Low
Component Diagram
Menggambarkan komponen yang membentuk sebuah aplikasi, sistem, atau perusahaan. Komponen, hubungan antar kelas, interaksi, dan antarmuka publik mereka tergambar. Medium
Composite Structure Diagram
Menggambarkan struktur internal dari sebuah pengklasifikasi (seperti komponen, kelas, atau kasus penggunaan), termasuk titik-titik interaksi pengklasifikasi ke bagian lain dari sistem.
Low
Deployment Diagram
Menunjukkan arsitektur pelaksanaan sistem. Ini termasuk node, baik perangkat keras atau lingkungan penyelenggara perangkat lunak , maupun middleware yang menghubungkan mereka.
Medium
Interaction Overview Diagram
Sebuah varian dari diagram aktivitas dimana ikhtisar mengontrol aliran dalam proses sistem atau bisnis. Setiap node / kegiatan dalam diagram dapat mewakili satu diagram interaksi.
Low
Object Diagram
Menggambarkan objek dan relasi mereka di sebuah titik waktu tertentu, biasanya suatu kasus istimewa baik diagram kelas atau diagram komunikasi. 
Low
Package Diagram
Menunjukkan bagaimana elemen model akan disusun dalam paket maupun dependensi antara bentuk paket.
Low
Sequence Diagram
Model logika berurutan, yang berlaku saat pemesanan pesan antar pengklasifikasi.
High
State Machine Diagram
Menjelaskan lingkungan sebuah objek atau interaksi di dalamnya, maupun transisi antara lingkungan. Sebelumnya disebut sebagai diagram keadaan, diagram keadaan grafik, atau diagram keadaan transisi.
Medium
Timing Diagram
Menggambarkan perubahan keadaan atau kondisi contoh pengklasifikasi atau peran dari waktu ke waktu. Biasanya digunakan untuk menunjukkan perubahan keadaan sebuah objek dari waktu ke waktu dalam menanggapi peristiwa eksternal.
Low
Use Case Diagram
Menunjukkan penggunaan kasus, aktor, dan hubungan antar kelas.
Medium

1 comment: