Sunday 23 September 2012

Diagram Actifity


1. Pengertian Diagram Activity

 
Diagram aktivitas yang biasanya digunakan untuk pemodelan proses bisnis, untuk pemodelan logika ditangkap oleh kasus penggunaan tunggal atau penggunaan skenario, atau untuk pemodelan logika yang rinci tentang aturan bisnis. Meskipun UML diagram aktivitas dapat berpotensi membuat model logika internal dari operasi yang kompleks hal itu akan jauh lebih baik untuk sekadar menulis kembali operasi tersebut sehingga cukup sederhana bahwa Anda tidak memerlukan diagram aktivitas. Dalam banyak diagram aktivitas UML adalah setara berorientasi obyek flow chart dan diagram aliran data (DFD) dari pengembangan terstruktur.

2. Simbol-simbol pada Diagram Activity

Mari kita mulai dengan menjelaskan notasi dasar yang saya gunakan dalam Gambar 1 dan 2:
 - Initial Node. lingkaran hitam adalah titik awal dari diagram. Sebuah Node awal tidak dibutuhkan meskipun ini membuatnya lebih mudah untuk membaca diagram.
- Activity final Node. Lingkaran kosong dengan batas adalah titik akhir. Sebuah diagram aktivitas dapat memiliki node aktivitas dengan nol atau lebih.
- Activity. Persegi panjang membulat merupakan aktivitas yang terjadi. Suatu aktivitas yang dapat bersifat fisik, seperti Periksa Formulir, atau elektronik.
- Arus / ujung. Tanda panah pada diagram.
- Fork. Sebuah bar hitam dengan satu arah yang menunjuk ke dalam dan beberapa menunjuk ke luar. Hal ini menunjukkan awal dari kegiatan serupa.
- Join. Sebuah bar hitam dengan beberapa aliran masuk dan satu aliran keluarIni menandai akhir dari pemrosesan paralel. 
- Condition. Teks seperti  [Incorrect Form] pada suatu aliran, mendefinisikan seorang petugas yang wajib mengevaluasi dengan benar untuk melintasi node. 
- Decision. Sebuah belah ketupat dengan satu aliran masuk dan beberapa keluar. Arus keluar meliputi kondisi meskipun beberapa pembuat model tidak akan menunjukkan kondisi jika sudah jelas. 
- Merge. Sebuah belah ketupat dengan beberapa aliran masuk dan satu pergi. Implikasinya adalah bahwa satu atau lebih arus masuk harus mencapai titik ini sampai proses berlanjut, berdasarkan pada petugas pada arus keluar.
- Partisi. diatur menjadi tiga partisi, juga disebut swimlanes, menunjukkan siapa / apa yang melakukan kegiatan (baik applicant, Registrar, atau System).
- Sub-indikator aktivitas. The Rake di sudut bawah dari suatu aktivitas, misalnya di Terapkan untuk aktivitas Universitas, menunjukkan bahwa aktivitas digambarkan oleh diagram aktivitas yang lebih rinci.
- Flow final. Lingkaran dengan X di dalamnya. Hal ini menunjukkan bahwa proses berhenti pada titik ini.

3. Contoh Diagram Activity

Gambar 1.
Gambar 2

No comments:

Post a Comment